Glitter Words
[Glitterfy.com - *Glitter Words*] [url=http://www.glitterfy.com/][img]http://img41.glitterfy.com/13308/glitterfy3202831T539B81.gif[/img][/url]

Minggu, 04 Maret 2012

Definisi Bangsa

DEFINISI BANGSA
Suatu kelompok bermasyarakat yang berkemauan untuk mempunyai negara atau untuk bernegara disebut Bangsa. Untuk memperjelas apa itu bangsa di bawah ini ada beberapa ahli yang memberi bahasan tentang pengertian Bangsa :
a.       Menurut Lothrop
Bangsa adalah suatu kepercayaan yang dinilai untuk sejumlah orang yang cukup banyak, bahwa mereka merupakan suatu perasaan memiliki secara bersama sebagai suatu negara.

b.       Menurut Friederich Ralzel
Bangsa adalah suatu yang terbentuk karena adanya hakikat untuk bersatu. Hasrat itu timbul karena adanya rasa kesatuan antara manusia dan tempat tinggalnya.

c.       Secara Umum
Bangsa adalah orang-orang yang memiliki kesamaan asal keturunan, adat, bahasa dan sejarah serta berpemerintahan sendiri yang biasanya terikat karena kesatuan bahasa dan wilayah tertentu di muka bumi.

TEORI KEBANGSAAN

a.        Teori Hans Khon
Hans Khon sebagai seorang ahli antropologi etnis mengemukakan teorinya tentang bangsa , bahwa bangsa itu terbentuk karena persamaan bangsa, ras, agama, peradaban, wilayah, negara, dan kewarganegaraan. Suatu bangsa tumbuh dan berkembang dari ansir-ansir serta akar-akar yang terbentuk dari sejarah.

b.       Teori Kebangsaan Ernest Renan
Menurut Renan pokok pikiran tentang bangsa adalah sebagai berikut :
·         Bangsa adalah suatu jiwa dan suatu asas kemanusiaan
·         Bangsa adalah suatu solidaritas yang besar
·         Bangsa adalah suatu hasil sejarah
·         Wilayah dan ras bukanlah suatu penyebab tumbuhnya bangsa wilayah yang memberikan ruang dimana bangsa hidup, sedangkan manusia berbentuk jiwanya dalam kaitan ini, maka Renan menyimpulkan bahwa bangsa adalah suatu jiwa suatu asas kerohanian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar