Glitter Words
[Glitterfy.com - *Glitter Words*] [url=http://www.glitterfy.com/][img]http://img41.glitterfy.com/13308/glitterfy3202831T539B81.gif[/img][/url]

Sabtu, 24 Maret 2012

Bentuk-bentuk Demokrasi

  1. Bentuk-bentuk Demokrasi
Bentuk demokrasi setiap negara sangat berbeda pelaksanaan kedaulatannya. Hal ini ditentukan oleh sejarah negara yang bersangkutan, padangan hidup, kebudayaan  serta tujuan yang ingin dicapai oleh negara tersebut. Secara umum terdapat dua bentuk demokrasi yaitu demokrasi langsung dan demokrasi tidak langsung (perwakilan)
            Demokrasi langsung
            Praktik demokrasi pada asosiasi yang berukuran kecil. Berdasarkan pada partisipasi langsung, tanpa perwakilan dan terus menerus dari warga desa dalam membuat dan melaksanakan keputusan bersama. Tidak terdapat batas yang tegas antara
pemerintah dan yang diperintah. Pemerintah dan yang diperintah adalah orang yang sama pada system kelembagaan seperti pertemuan warga, RT/RW , referendum dan lain-lain.

Demokrasi Perwakilan
Praktik demokrasi pada asosiasi yang berukuran besar seperti Negara. Partisiapsi warga hanya dalam waktu yang singkat dan hanya dilakukan beberapa kali dalam kurun waktu tertentu seperti dalam bentuk keikutsertaan dalam pemilihan umum. Dalam partisipasi perwakilan masyarakat tidak mengoperasikan kekuasaan sendiri tetapi memilih wakil yang akan membuat kebijakan atas nama masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar