Glitter Words
[Glitterfy.com - *Glitter Words*] [url=http://www.glitterfy.com/][img]http://img41.glitterfy.com/13308/glitterfy3202831T539B81.gif[/img][/url]

Senin, 24 Maret 2014

Rangkuman

RANGKUMAN MATERI
PENGGABUNGAN USAHA

            Penggabungan Usaha adalah perluasan usaha dengan cara menggabungkan suatu perusahaan dengan satu atau lebih perusahaan lain ke dalam satu kesatuan ekonomi.
Bentuk-bentuk Penggabungan Usaha, antara lain :
             Merger atau Statutory Merger
Penggabungan usaha dengan cara satu perusahaan membeli perusahaan lain yang kemudian perusahaan yang dibelinya tersebut menjadi perusahaannya atau dibubarkan. Dengan kata lain hanya satu perusahaan yang bertahan, dan perusahaan lain dibubarkan.

Konsolidasi atau Statutory Consolidation
Penggabungan usaha dengan cara satu perusahaan bergabung dengan perusahaan lain untuk membentuk satu perusahaan yang baru.                                                                      

  Akuisisi atau Stock Acquistion
Penggabungan usaha dengan cara membeli sebagian besar saham atau seluruh saham perusahaan lain untuk memperoleh hak pengendalian. Dengan kata lain suatu perusahaan yang sudah bergabung membeli  perusahaan lain lagi dan perusahaan tersebut tidak bergabung lagi melainkan menjalankan perusahaan masing-masing.

Contoh Kasus
Pada tanggal 1 januari 2014 Point Corporation membeli semua aktiva dan kewajiban Sharp Company dalam satu merger dengan mengeluarkan 10.000 lembar saham Sharp dengan nilai nominal $10. Saham yang dikeluarkan tersebut mempunyai nilai pasar $600.000. Point mengeluarkan biaya legal dan biaya penilai $40.000 sehubungan dengan penggabungan usaha dan biaya pengeluaran saham sebesar $25.000. Total harga beli saham, sama dengan nilai saham yang dikeluarkan Point di tambah biaya tambahan yang terjadi sehubungan akuisisi aktiva.
Diket :
Perusahaan mengeluarkan saham 10.000 lembar @ $10
Nilai pasar                                                              $ 600.000
Mengeluarkan b.legal dan b.penilai                          $ 40.000
Biaya pengeluaran saham                                        $ 25.000


Total Harga Beli :
Nilai saham yang dikeluarkan                                 $ 600.000
Biaya akuisisi lain (B.legal&B.penilai)                     $ 40.000     +
Total Harga Beli                                                    $ 640.000

Saham yang dikeluarkan oleh Point untuk melakukan penggabungan usaha dinilai pada nilai wajar dikurangi dengan biaya pengeluaran saham

Nilai wajar saham yang dikeluarkan                                        $ 600.000
Biaya pengeluaran saham                                                       ( $ 25.000 )
Nilai tercatat saham                                                                $ 575.000

Nilai Buku adalah nilai asset perusahaan yang tertera pada catatan infromasi pada umumnya, sedangkan Nilai Wajar adalah harga yang berlaku umum dipasaran yang dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran atas harta tersebut.

Factor-faktor dasar yang mempengaruhi pemilihan dasar yang akan menentukan kontribusi relative salah satunya adalah likuidasi atau kebangkrutan perusahaan.
 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar