Glitter Words
[Glitterfy.com - *Glitter Words*] [url=http://www.glitterfy.com/][img]http://img41.glitterfy.com/13308/glitterfy3202831T539B81.gif[/img][/url]

Senin, 10 Maret 2014

Mengatur Keuangan Pribadi

CARA SEDERHANA MENGATUR KEUANGAN PRIBADI

            Uang itu sangat sensitive bila kita tidak pintar mengelolanya. Apalagi pada remaja sekarang yang pola kehidupannya serba mewah. Banyak para remaja yang hanya mengandalkan uang dari orang tuanya tanpa mereka menabung sendiri dari apa yang dia peroleh. Mereka merasa tidak puas dengan apa yang dia peroleh, contohnya pada setiap bulan selalu belanja bukan untuk kebutuhan tetapi hanya keinginan saja. Think smart guys, belajar untuk mengelola keuangan sendiri walaupun uang tersebut didapat dari uang bulanan yang diberi dari orang tua. Kalo tidak belajar dari sekarang bagaimana anda bisa mengelola keuangan rumah tangga nanti. Berikut cara sederhana yang dapat membantu menghilangkan kebiasaan boros, antara lain :
1.      Membuat Perencanaan
Ini adalah  cara untuk mengetahui berapa banyak pengeluaran setiap bulannya. Contohnya pada setiap bulan uang bulanan dari orang tua Rp 500.000,- maka harus dibuat daftar pengeluaran yang rutin, seperti uang transport, uang makan, uang pulsa dan uang untuk keperluan yang tak terduga pun harus disisihkan. Dengan cara seperti ini, dapat diketahui berapa banyak uang yang dipakai dan uang yang tersisa. Dengan begitu uang yang tersisa dapat disimpan.
2.      Membuat Daftar Keinginan dan Kebutuhan
Setiap bulannya kita harus membuat daftar mana keinginan dan kebutuhan. Keinginan adalah rasa yang hanya menginginkan sesuatu dan bukan untuk kebutuhan. Contoh berbelanja yang hanya ingin memuaskan diri sendiri aja, seperti membeli pakaian dan accessoris agar tampil lebih menarik. Sedangkan kebutuhan adalah membeli sesuatu yang memang sebagai kebutuhan, contohnya membeli pulsa untuk berkomunikasi dengan catatan pemakaiannya pun sesuai dengan kebutuhan.
3.      Menabung
Walaupun uang bulanan masih bersumber dari orang tua tetapi tidak salahnya sisa uang bulanan kita tabung agar tidak terjadi pemborosan. Ini juga bermanfaat sewaktu-waktu anda ingin membeli sesuatu yang harganya cukup mahal seperti membeli gadget dan barang lainnya, ini juga bermanfaat uang yang ditabung menjadi lebih beguna karena membeli barang yang ada hasilnya disbanding terbuang untuk membeli sesuatu hanya untuk keinginan saja. Selain itu contoh lainnya ingin berlibur ke luar negeri atau ke tempat liburan lainnya. Uang tersebut bisa dijadikan uang untuk keperluan tak terduga, dengan cara seperti ini kita bisa lebih menghargai apa yang kita punya. Selain itu kita juga bisa merasakan jerih payah orang tua yang mencari uang dengan kita yang menabung.
4.      Memberi
Uang yang kita dapat dari orang tua juga kita bisa menyisihkan sebagian uang kita kepada orang yang membutuhkan. Walaupun kita sedang menabung, kita harus tetap memberi pula. Dengan begitu apa yang kita dapat juga bisa bermanfaat untuk orang lain dan Allah akan terus menambah rejeki kita pula.

Ini adalah cara-cara sederhana yang bisa dilakukan tanpa merasakan susah. Cara yang sederhana bisa menjadi cara yang luar bisa. Dan kita pasti bisa karena biasa. Ayo kita mencoba!!


Refrensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar