Glitter Words
[Glitterfy.com - *Glitter Words*] [url=http://www.glitterfy.com/][img]http://img41.glitterfy.com/13308/glitterfy3202831T539B81.gif[/img][/url]

Jumat, 20 April 2012

WAWASAN NUSANTARA NASIONAL

Definisi Wawasan Nusantara
Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba berubah serta bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dengan tetap menghargai dan menghormati kebhinekaan dalam kehidupan untuk mencapai tuuan nasional.
Latar Belakang Filosofis Wawasan Nusantara
  1. Pemikiran Berdasarkan Falsafah Pancasila
Berdasarkan falsafah pancasila, manusia adalah makhluk social yang mempunya naluri, akhlak, daya pikir dan sadar akan keberadaannya yang serba terhubung dengan sesamanya, lingkungan serta pencipta-Nya. Nilai-nilai pancasila juga tercakup dalam penggalian dan pengembangan wawasan nasional, sebagai berikut :
1.      Ketuhanan yang Maha Esa
2.      Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
3.      Persatuan Indonesia
  1. Pemikiran Berdasarkan Aspek Kewilayahan Nusantara
Geografi adalah wilayah yang tersedia dan terbentuk secara ilmiah oleh alam nyata. Kondisi objektif geografis sebagai modal dalam pembentukkan suatu Negara merupakan suatu ruang gerak hidup suatu bangsa yang didalamnya terdapat sumber kekayaan alam dan penduduk yang mempengaruhi pengambilan keputusan atau kebijakan politik Negara tersebut.
            Bentuk geografis Indonesia adalah Negara kepulauan yang terdiri atas ribuan pulau besar dan kecil dengan sifat dan corak tersendiri. Untuk mengukuhkan asas Negara kepulauan ini, ditetapkanlah Undang-undang Nomor : 4/prp tahun 1960 tentang Perairan Indonesia. Perumus kebijaksanaan nasional harus memiliki wawasan kewilayahan atau ruang hidup bangsa yang diatur oleh politik ketatanegaraan.

  1. Pemikiran Berdasarkan Aspek Sosial Budaya
Kebudayaan dalam arti etimologid adalah sesuatu yang dihasilkan oleh kekuatan budi manusia. Karena manusia tidak hanya bekerja dengan kekuatan budinya, melainkan juga dengan perasaan, imajinasi, dan kehendaknya, menjadi lebih lengkap jika kebudayaannya diungkap sebagai cita, rasa dan karsa.


Implmentasi Wawasan Nusantara Dalam Kehidupan Nasional
            Sebagai cara pandang dan visi nasional Indonesia , wawasan nusantara harus dijadikan arahan, pedoman, acuan, dan tuntutan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena itu, implementasi atau penerapan wawasan nusantara harus tercermin pada pola pikir, pola sikap, dan pola tindakan yang senantiasa mendahulukan kepentingan bangsa dan Negara kesatuan republic Indonesia dari pada kepentingan pribadi atau kelompok sendiri.dengan kata lain, wawasan nusantara menjadi pola yang yang mendasari cara berpikir, bersikap, dan bertindak, dalam rangka menghadapi, menyikapi atau menangani berbagai masalah menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Implementasi wawasan nusantara senantiasa berorientasi pada kepentingan rakyat dan wilayah tanah air secara utuh dan menyeluruh sebagai berikut :
  1. Impementasi wawasan nusantara dalam kehidupan politik.
Menciptakan iklim penyelenggaraan Negara yang sehat dan dinamis. Hal tersebut akan Nampak dalam wujud pemerintahan yang kuat, aspiratif dan terpercaya yang dibangun sebagai penjelmaan rakyat.
  1. Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan social budaya
Menciptakan sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui, menerima, dan menghormati segala bentuk perbedaan atau kebhinekaan sebagai kenyataan hidup sekaligus kerunia pencipta.
  1. Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan Hankam
Menumbuhkan kesadaran cinta tanah air dan bangsa yang lebih lanjutkan membentuk sikap bela Negara pada setiap warga Negara Indonesia.
  1. Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupn ekonomi
Menciptakan tatanan ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara adil dan merata.  



Referensi :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar