Glitter Words
[Glitterfy.com - *Glitter Words*] [url=http://www.glitterfy.com/][img]http://img41.glitterfy.com/13308/glitterfy3202831T539B81.gif[/img][/url]

Kamis, 13 Oktober 2011

Definisi banjir




            Banjir adalah suatu bencana yang mengganggu kehidupan manusia berupa genangan air dari yang terkecil sampai terbesar yang disebabkan factor-faktor baik manusia maupun alam atau aliran air yang tinggi, dan tidak tertampung oleh aliran sungai dan air itu meluap ke daratan yang lebih rendah dan inilah yang disebut banjir.






Penyebab-penyebab bencana banjir :

  • Turunnya hujan dalam jangka waktu yang panjang.
  • Erosi tanah menyisakan batuan, hingga tidak ada resapan air.
  • Buruknya penanganan sampah, hingga sumber aliran air tersumbat.
  • Pembangunan permukiman semakin padat, sehingga daya resap air hujan tidak ada.
  • Pembabatan hutan secara liar
  • Dan kurangnya perhatian dari masyarakat terhadap lingkungan sekitar
  • Akibat pemanasan global


Jenis-jenis Banjir di Indonesia
Menurut ahli Hidrologi banjir-banjir di Indonesia terbagi dalam tiga jenis, yaitu :

  1. Sungai yang Meluap

Banjir ini terjadi akibat penampung air tidak mampu lagi menampung air yang ada di sungai, karena debit air melampaui kapasitas yang sebenarnya.
Selain itu, banjir ini terjadi akibat kiriman dari daerah lain yang datang dari daratan tinggi sehingga mengalir ke daratan yang lebih rendah.

  1. Banjir Lokal

Banjir ini terjadi karena air ditempat tersebut meluap. Pada saat curah hujan sedang tinggi, kondisi tanah itu sulit melakukan penyerapan air. Kondisi ini bisa disebabkan karena masyarakat dilingkungan itu sendiri yang tidak peduli terhadap lingkungan sekitar, seperti tersumbatnya aliran air karena banyak pembuangan sampah yang disembarang temapat.

  1. Banjir akibat Pasang Surut Air Laut

Saat air laut pasang, ketinggian permukaan air laut akan meningkat. Secara otomatis, aliran air di bagian muara bergerak secara lambat. Selain itu, bila aliran air sungai melebihi kapasitas di tempat yang cekung atau datar maka air itupu akan menyebar ke segala arah.
 sumber : www.google.com
Chesarina Farahsari


Tidak ada komentar:

Posting Komentar